Try to Share The Knowledge

Thursday 19 November 2015

Router GNS3 Connect Internet


Pada tut x ini, ijinkan saya share cara setting Router di GNS3 agar bisa terkoneksi dengan internet.
Langsung saja …
Pertama : buat Interface Loopback, cara membuatnya cari digoogle. Hhaha
Kedua :  setelah loopback terbentuk, dibagian interface fisik setting shared Inet. (klo digue pake XP tampilannya gini)
Setelah Inet dishare oleh int fisik, maka skrg cek IP yg didapat oleh int loopback
Sekarang waktunya ke GNS3, Drag Cloud ke workspace lalu setting Cloud untuk menambahkan int loopback yang tadi dibuat (disini namanya loopback2). Di opsi Cloud, di Tab ethernet, pilihlah int loopback yg dibuat tadi, "add", lalu ok.
Sebelum kita coba dirouter, maka lebih baik coba di VPCS dlu untuk tes konektivitas antara device di GNS3 dengan Int loopback di PC (sekalian pengenalan). VPCS merupakan end device / host didalam GNS3 yang berfungsi untuk mengecek kondisi jaringan dengan icmp protocol / traceroute). VPCS yang diworkspace hubungkan dengan cable, bukan dgn wireless krna ga bakal bisa.. (wkwk.. emg di .PKT) keswitch setelah itu ke cloud (krna host/end device di GNS3 ga bisa terhubung lgsg dgn Cloud tanpa perantara switch).
Start dan console VPCS lalu kasih IP add (1 network dgn loopback), IP gateway (IP Loopack) dan DNS (punya google saja).
Taraaaa... ketika Test ping ke IP loopback, dns google dan domain google, koq berhasil ? hhaha,, itu berarti tut ini udah setengah rampung. (krna gue  mau yg terkoneksi Inet adalah router)
Sekarang waktunya Gunakan Router seperti judul artikel. Untuk topologi  yang gue gunakan adalah seperti berikut
Beres,, semua sudah terwakilkan oleh gambar. Tapi ada pertanyaan nii, knpa butuh default routing ? krna biar bisa Inetan.. hhaha #lah itu juga gue tau, nah udah tau koq nanya..-_-, Setiap router yang terhubung inet kan harus tau jalur menuju tujuannya (contoh pengen akses google, kmna aja trafik source harus dlewatkan untuk menuju server google?, router tidak tau kan? klo tidak di definisikan atu2 networknya? makanya gunakanlah default routing krna tidak perlu mendefinisikan setiap network.



Share:

0 komentar:

Post a Comment