Try to Share The Knowledge

Wednesday 18 November 2015

Mikrotik di GNS3 Menggunakan Qemu


Download mikrotik ? Cari di Inet

Mikrotik di GNS3 umumnya menggunakan Qemu, Qemu merupakan software virtualisasi berbasis CLI, inilah kerumitan Qemu dibanding temen2 sohibnya virtualbox,workstation,dkk. Tapi punya kelebihan juga yaitu ketika kita ingin gunain banyak router mikrotik di GNS3 maka tidak perlu clone VM router (tidak seperti mikrotik di GNS3 dgnVirtualBox, 1 Router 1VM). Jadi intinya apa ? Intinya Gunakanlah Qemu biar ga ribet pas ngelab Mikrotik.

#nama file ISO mikrotik saya adalah mikrotik-6.24.iso

move file iso mikrotik ke folder C:\Program Files\GNS3\qemu-2.1.0

Buka command prompt dan ketikan : 
  • cd C:\Program Files\GNS3\qemu-2.1.0
  • qemu-img create -f qcow2 nando.img 256M (ini command untuk create image virtual qemu yaitu tempat bernaungnya simalang mikrotik krna tidak mempunyai tempat.. hhaha)
  • qemu-system-i386w.exe nando.img -boot d -cdrom "mikrotik-6.24.iso" (ini command untuk install ISO mikrotik ke rumahnya bernama nando.img yang telah dibuat tadi.... wkwkw)
maka akan muncul interface CLI Qemu
tunggu beberapa detik maka akan masuk ke menu installasi mikrotik. Pilihlah apa yang kamu mau, kalo saya mau semuanya karena gratis,, kalo mau pilih semua maka teken huruf "a" pada keyboard.
lanjutkan installasi dengan teken "i" dan teken "n" jika ada pertanyaan keep the old configuration? dan ada warning untuk continue? teken "y"
dan instalasinya pun selesai...  teken enter to reboot , setelah itu close jendela cli qemu.

kembali ke CMD dan ketikan : qemu-system-i386w.exe -hda nando.img -boot c ..
maka akan muncul jendela mikrotik login yang menandakan bahwa OS sudah terinstall dengan sempoaaa....

close saja jendela Qemu dan CMD nya.. Belum habis sampe disini,, skrg waktunya kita searching file image mikrotik yang dibuat oleh qemu tadi di partisi C:/ bernama nando.img.
Jika sudah ketemu, Klik kanan - "Open file location" untuk menuju .img.,, Nahhh... ketahuan file imagenya disimpan disini oleh si Qemu jahil. C:\Users\Nando\AppData\Local\VirtualStore\Program Files\GNS3\qemu-2.1.0... CUT saja tu image 
pindahin ke C:\Program Files\GNS3 , biar gampang di cari.
jika tadi sudah buat image dan pindahin image mikrotik qemu nya ketempat yang lebih manusiawi,, maka sekarang waktunya setting GNS3. Pilih "Edit" - "Preferences" - di opsi Qemu VMs - pilih "New". Muncul Wizard pilih "Type : default",
namai sesuka hatimu, klo gue kasih nama sesuai akta kelahirannya "mikrotik", lalu "next"
Biarkan default
Browse image qemu mikrotik tadi (tadi gue simpan di C:\Program Files\GNS3)
Ganti Simbol menjadi Simbol Router, Klik kanan - Change Simbol - ok bro,, Applly dan ok lagi bro.
sekarang Start Router Mikrotiknya dan Console, pastikan tidak ada pesan error.





Share:

0 komentar:

Post a Comment