Try to Share The Knowledge

Thursday 12 November 2015

Downgrade Windows 8 to 7 ultimate on UEFI Based Computer



Pada downgrade OS windows 8 ORI to 7 ORI kali ini, saya ingin sedikit shares..  Sdikit cerita ya, mungkin ada yang bertanya , apa alasan yang membuat saya melakukan downgrade ??? OKE, alasannya adalah krna w8 banyak yang  tidak support aktifitas kerjaan saya, hhaha dan mungkin karena faktor ga suka tampilan yang modern nya juga. SO, mau coba windows 10 ga ? Noooo,, I don't want to use it until i hear that the OS is a good product.

Ohh ya , yang  perlu diingat adalah :
  1. Gimana burning ISO ke DVD ?
  2. Gimana cara install ulang di komputer berbasis UEFI ?
  3.  Apakah UEFI  Mode sebelumnya masih bisa kita pakai  setelah downgrade OS?
  4. Gimana rasanya pake windows ori , dmn beli license nya dan dmn lihat lifecycle produknya?

Mungkin tut ini sangat tidak berguna bagi kebanyakan orang , tapi terasa berguna jika klian lagi butuh dan lupa cara melakukan install di UEFi based computer..  
Tancap Mang....

Point 1 :
1. Download ISO nya di page download yang udah saya sediakan http://fransfernandoasali.blogspot.co.id/2015/11/download-windows-official-untouched-iso.html
2. Burn ISO menggunakan Daemon Tool (atau pake software lain, boleh koq.)
*INFO : dalam burning sesuaikan write speed DVD dengan setelan disoftware burningnya. Contoh : jika  kita punya DVD 4x Multi-Speed maka setelan disoftwarenya juga harus 4x. Saya sudah coba pake DVD 16x Multi-Speed lalu disoftware saya gunakan settingan 8x, alhasil baru pertengahan burning langsung failed proses burningnya. Ini hanya belajar dari pengalaman sendiri saja. jika ada yang berhasil , yah mungkin saya yang salah..

Point 2 :
1. Masuk BIOS
2. Atur boot priority ke DVD, tapi sebelum diatur ubah dulu modenya dari "UEFI" KE "UEFI with CSM", mode legally disini tidak bisa digunakan. lalu save. maka akan booting melalui DVD, untuk bootnya harus press any other. (Disinilah perbedaan langkah install di BIOS dgn yang di UEFI yaitu untuk downgrade OS yang tidak support dengan UEFI maka kita disuruh pilih UEFI with CSM)
Apa yang terjadi jika kita pilih UEFI ? yah dia tetap bisa boot tapi ketika kita disuruh mau install dipartisi yang mana ? maka semua partisi muncul notif tidak support. makanya ubah terlebih dulu deh  ke UEFI with CSM agar proses installnya mulus.  Oh ya sekedar info, berikut tampak gambar laptop yang sudah menggunakan sistem embedded  + UEFI mode (terlihat banyak partisi, yang partisi "Reserved" itu adalah system embedded nya /recovery dan garis kotak merah itu notif bahwa partisi tidak support)
3. ketika sudah booting, berarti installnya sudah tinggal dilanjutkan.

Point 3 :
Setelah install berhasil, Apakah kita perlu mengubah mode di BIOS nya kembali ? yah perlu untuk first priority bootnya dikembalikan lagi ke Hardisk, tapi mode UEFI nya, perlu ga ? sebenarnya tidak perlu dan tidak bisa juga, contoh seperti laptop saya, ga support windows 7 karena udah berbasis UEFI (min w8). kalo dipaksain diubah ke mode UEFI maka tampilannya akan begini. Solusinya ? ya terpaksa pake mode UEFI with CSM deh.

Point 4 :
rasanya yah lebih enak dihati krna lebih berkah (tidak pake crack2an). Keuntungannya pake ORI yaitu kita dapat Support/Update/patch an secara terus menerus terus dari Microsoftnya selama lifecyclenya masih berlaku. 

Dimana beli license ? banyak diinternet, ane rekomendasin agan yang satu ini karena sangat recommended  :  https://www.tokopedia.com/digistore10/lisensi-windows-7-ultimate-original
apa perbedaan beli license saja dengan beli COA(box , master, license) ? Setelah ane coba pake jasa2 org jual license , ternyata sama ja ... jadi kesimpulannya belilah license nya saja ga perlu COA krna buang2 duit.. hhaha

lifecycle (masa support microsoft terhadap produk software yang dia keluarkan) dapat dilihat pada web microsoftnya :

https://support.microsoft.com/id-id/gp/lifeselect

(disana terdapat informasi kapan direlease , kapan berakhir masa support, masa perpanjangan support , masa berakhir paket layanan)

end...



Share:

0 komentar:

Post a Comment