Try to Share The Knowledge

Tuesday 8 December 2015

Inter Vlan Routing





Inter Vlan Routing,,. itu apa ya ? routing yang dilakukan antar jaringan vlan yang berbeda agar dapat saling berkomunikasi. Gmn cara melakukannya ? dengan membuat subinterface, subinterface yang dibuat di router namanya router on stick sedangkan subinterface  yang dibuat diswitchlayer 3 namanya intervlan di switch layer3. Oke langsung saja..

Router on Stick
Konfigurasi di Switch, 

Konfigurasi di Router, disini gue mau coba pasang dua ip address untuk gateway pc1 dan pc3 (vlan sama, network berbeda) di subinterface fa0/0.10.
Konfigurasi di PC 1,2,3
Verifikasi di PC1 ping ke PC2 dan PC3

Knpa timed out?  lihat konfigurasi dirouter.

nah itulah penyebabnya, subinterface di int f0/0.10  cuma bisa di assign 1 ip address, ketika dimasukin ip address yang kedua/terakhir (192.168.20.1) maka itulah yang digunakan. Berarti cuma PC2 dan PC3 donk yang bisa komunikasi? betul, solusi lain ada ga ya? ada, yaitu dengan buat PC0 di vlan yang berbeda dan subinterface yang berbeda juga.
Kenapa harus ada subinterface ? kalo tidak ada subinterface maka setiap network harus diwakilkan oleh 1 port/interface router. contoh seperti ini

syaratnya apa ? semua interface diswitch yang terhubung ke router harus dikonfigurasi access sesuai dengan vlan dibawahnya (cth: ada satu vlan 20 dan dua vlan 10, nah link atas switch yang menghadap kerouter harus disamakan juga yaitu harus ada satu vlan 20 dan dua vlan 10).. Kenapa access, koq ga trunk ya ? kembali kekonsep vlan, fungsi trunk apa ? untuk melewatkan multiple vlan di satu atau beberapa link/jalur fisik.. nah kalo kita sudah punya jalurnya masing2 untuk melewatkan setiap vlan  yang berbeda berarti kita tidak butuh trunk lagi donk?!.. Dan lagian kita tidak bisa konfig trunk diswitch, krna dirouter tidak bisa encapsulation dot1q(berlakunya hanya untuk subinterface).. Oh ya, ditopologi kan ada dua vlan doank, knpa link fisik harus 3, harusnya 2 donk, kan katanya tadi disetiap vlan yang berbeda punya jalurnya masing2? sebenarnya selain untuk melewatkan vlan berbeda juga melewat network yang berbeda mas bro...

Konfigurasi di Router cukup dikasih ip address.
Verifikasi dari PC1 ping ke PC2 dan PC3?  success..

    
Inter Vlan di Switch layer 3

Konfigurasi vlan access di Switch
Konfigurasi trunk, subinterface (gateway setiap network/vlan)  dan ip routing( mengaktifkan fungsi routing, jika tidak dikonfig maka tidak akan bisa connected.. hhehe) di Switch layer 3
ketika di "sh ip int br", kliatan masih down vlannya.. kenapa ? krna gue lupa create vlannya.. 
skrg verifikasi lagi dgn "sh ip int br" ? sudah aktif.

berarti sudah beres tinggal test ping dari PC 2 ke PC3, knpa tidak ke PC1 juga? krna tidak bisa dalam 1 sub interface dibuat 2 ip address, maka yang terdaftar hanya ip address si pc 3 krna dia yang terakhir di konfigurasi. (#case nya sama seperti router on stick tadi mas).. sudah sukses ... !


#Kesimpulan :
- 1 vlan bisa dibuat banyak network yang berbeda tapi best practicenya 1 vlan 1 network.
- 1 subinterface hanya bisa diassign 1 ip address.
- Perbedaan inter vlan di router dan di switch layer 3? kalo dirouter harus membuat subinterface dulu, sebelum di assign IP maka harus setting encapsulation dot1q dlu, dan terakhir assign IP....  Sedangkan kalo di swicth layer3? cukup membuat interface vlan (pengganti subinterface), assign IP, aktifkan routing dgn "ip routing".




Share:

1 comment: