Try to Share The Knowledge

Wednesday 18 November 2015

Mikrotik di GNS3 Menggunakan VirtualBox



Pertama yang harus dilakukan adalah setting di virtualbox (Create VM). Buka VB pilih "New". muncul jendela beri nama, yang lain biarkan default, next.

Nah disini kita disuruh buat ngatur besar ram yang akan dipake oleh nii VM, dikarenakan VM yang satu ini irit maka gue ga perlu kasih dia resource ram gede2, kasih saja 256 MB.
Disini dikasih beberapa opsi apakah kita tidak ingin memberikan VM hardisk virtual (ini opsi jika kita simpan VM tidak di HDD local)? / buat hdd virtual baru? / gunakan hardisk virtual yang sudah dibuat di VM sebelumnya?., pilihlah dengan bijak, saya pilih "create a virtual hard drive now" saja, lalu "create"

maka akan muncul jendela baru, disini kita disuruh memilih format HDD nya mau apa ? pilih ".VDI" saja., next.
Nah ada pilihan lagi nii, Metode apa yang mau digunakan untuk virtual hardisk? dinamically (ketika ada space storage yg tidak digunakan maka dishare otomatis) atau fixed (ketika ada space storage yg tidak digunakan maka tidak akan bisa dishares otomatis).. Pilih "dynamically" saja, next.
Untuk HDD kita kasih 750 MB, create.
Dah Jadi Create VM nya, skrg waktunya Install Router OS mikrotik di VM tsb. Klik kanan pada VM - pilih "settings".

Di opsi Storage, Pilih "Empty" - Klik simbol kaset dan pilih "Choose a virtual..".. Kemudian  Browse lah ISO Router OS mikrotik yang tadi sudah di download. 
Sekarang di opsi network, pilih adapater 1 dan jadikan "Host only adapter", lihat pada gambar, lalu ok.
Install Router OS dengan klik tombol start
setelah berhasil dilakukan install biar ga kembali lagi kemenu instalasi mikrotik, maka hapus ISO dari virtualbox. Klik kanan pada VM - "Setting" .. jadi yang diload hanya image Mikrotik .vdi
play lagi VM mikrotiknya, pastikan sampe kemenu Login mikrotik yang berarti instalasi sudah sukses 100%
Sekarang Integrasikan VM mikrotik di virtualbox ke GNS3. Pada GNS3, pilih "edit" - "preferences". di opsi virtual box, bagian path to VBoxManage : browse file "VBoxManage" di direktory instalasi virtualbox.
maka akan jadi begini toh mas., lalu apply.
Sekarang kita ke opsi VirtualBox VMs - pilih "New" maka akan muncul jendela baru, tambahkan mikrotik VM dari virtualbox,  lalu finish.
Nah skrg udah terintegrasi antara VM Router OS mikrotik diVB dengan GNS3. Gantilah simbol biar jelas menunjukan itu router. (Lihat Gambar dibawah)
terlihat jelas semuanya kekurangan di VB (#lihat gambar bawah)




Share:

0 komentar:

Post a Comment