Try to Share The Knowledge

Tuesday 17 November 2015

IOU di GNS3



Siapa IOU itu ? IOU (ios on unix) merupakan platform yang digunakan oleh kalangan internal cisco,  untuk mencoba suatu feature, mensimulasikan trobleshooting dan POC (proof of concept). IOU solusi yang paling matching, untuk latihan mengerjakan skenario CCIE labs, karena tidak menuntut kemampuan PC yang besar. Pada awalnya IOU hanya dibuat untuk arsitektur solaris (processor sparc) dan kini pihak cisco sudah mengembangkan untuk arsitektur x86 (dapat berjalan di linux dan OS X).



kenapa menggunakan IOU di GNS3 ? karena GNS3 tidak menyediakan switch manageable dan L2/L3 IOU di GNS3 tidak memerlukan resource cpu/ram yang besar.

klo ingin mengetahui banyak tentang IOU, baca FAQ berikut :
http://evilrouters.net/2011/01/18/cisco-iou-faq/

Tool yang dibutuhkan :
1. GNS3 1.3.3
2. Oracle VirtualBox
3. GNS3 IOS VM.ova : plaform UNIX untuk jalankan IOU image.
4. IOU Image : digunakan hanya untuk karyawan cisco, distribusi IOU sangat dilarang ! makanya download sendiri saja, krna saya bukan distributor IOU.. hhaha
5. File iourc.txt : license IOU image.

Double Klik "GNS3 IOU VM_1.3.3" (sesuaikan dengan versi GNS3, jika tidak sama versinya maka ketika IOU device hendak dirunning akan muncul notif  "versi client beda dengan versi GNS3")
akan muncul tampilan berikut, klik import.
Setelah process import succeded maka akan muncul VM baru (server UNIX), lakukan setting VM di VB dengan memilih "machine - setting". Dan pastikan diopsi attached to : "host only adapter" dan name : "virtualbox host-only ethernet adapter"
Start VM nya mang.... dan lakukan Login di server VM UNIX, user : root, password :cisco. kemudian lihat  ip dhcp client yang didapat VM dari dhcp server VB dengan command "ifconfig".. jika ingin custom ip gunakan command "ifconfig eth0 [ip yang diinginkan]"
Setelah mengetahui IP VM UNIX, kemudian akses via browser 192.168.56.101:8000/upload. disini tujuannya untuk melakukan upload IOU image ke VM UNIX, Caranya ? telusuri dimana letak IOU image di Laptop, lakukan upload dan akan muncul directory tempat penyimpanan IOU di UNIX, lakukan copy.

Now, time to setting GNS3..  Pilih dimenu toolbar GNS3, "edit - preferences", muncul tampilan berikut, diopsi "server" - tab "local server", pilih "Host binding dengan IP 192.168.56.1"(ini ip VB) dan "port : 8000 TCP" kmudian apply ke email brikut : fransfernandoasali@gmail.com, cantumkan di subject mail "Lamaran Kerja_ Network Engineer". hhaha... Setelah itu lakukan "checklist : allow console .... " agar device IOU dapat dihubungkan via cable dengan device lainnya di GNS3.
#Ini hanya tambahan saja.. Cara melihat ip virtual box, mau tau ?... mau tau ? jamaaahhhhh...
pada virtualbox, klik "file" - "preferences", muncul tampilan berikut pada opsi "network"  - tab "host-only networks"  - double klik "virtualbox host-only ethernet adapter"
akan muncul tampilan ip address VB dan ip dhcp server VB (ini dhcp server untuk VM2 yang diinstal di VB, bisa di custom sesuai selera)
Lanjut lagi, setelah tadi setting pada tab "local server" sekarang beranjak pergi ke tab "remote servers". di bagian "host : tambahkan IP address server UNIX tadi yaitu 192.168.56.101" dan "port : 8000 TCP", kmudian "add". Ini tujuannya untuk mendefinisikan VM apa yang mau diremote di VB ?.. VM VM an.
setelah selesai mendefinisikan IP add+port VB dan VM di GNS3, skrg waktunya untuk browse file license yang bernama iourc.txt yang tersimpan dilaptop, dengan memilih opsi IOS on UNIX, di bagian path telusuri file licensenya.
setelah file license, skrg ke opsi IOU devices.
diopsi IOU devices, klik "new" maka tampil wizard, pastikan "Server type : Remote" dan "Run on server : 192.168.56.101:8000 (ip nya VM UNIX)" , "next"
Muncul ini oke saja
Beri nama, dibagian "IOU image : copas directori IOU di VM Unix tadi (yang dibrowser ane suruh copy, inget ga?)", tentukan "type : L2/L3".
Udah muncul  perangkatnya, menandakan lonceng sudah berbunyi, dan waktunya ngonfig.
Kalo metode diikuti dengan benar maka lakukan start kemudian console (jika tidak bisa console atau ada notif server tidak terjangkau berarti OFF kan firewall dan AV nya). selamat dihajar .. wkwkw
 

#Kesimpulan :
- Untuk menjalankan IOU di GNS3 maka running dlu server IOU divirtualbox --> maka Switch layer 2 dan 3 di GNS3 siap disajikan.
- Langkah secara umum dalam tut ini adalah download tool2nya, import file .ova lalu setting network machine di VB, start VM lihat ip VM, akses VM via browser lakukan upload IOU image lalu copy directorynya, setting di GNS3 untuk mendefinisikan VB, VM, directory file license IOU, directory file IOU image, jalankan IOU devices.

Mudahkan ? ya iya, yang susah itu nguliknya mas, dengan mengacu kebanyak reference yang ga jelas. hhaha... Akhir kata saya menta maaf kalo ada yang tidak berkenan dan kurang jelas. hhaha



Share:

0 komentar:

Post a Comment