Try to Share The Knowledge

Tuesday 17 November 2015

ASA dengan ASDM di GNS3




Untuk tut Asa di GNS3 : Cari di artikel blog ini.

Pada tut kali ini , kliatan simple tapi akan menimbulkan banyak problem ketika mengikutinya (seperti tidak bisa connect interface loopback dari router gns3 padahal firewal/antivirus sudah dinonaktifkan, tidak bisa install asdm,dll). Jika lancar jaya berarti mas bro sudah mandi. hhaha..

Untuk menyelaraskan biar tidak terjadi perbedaan antara kita, maka sebaiknya samakan barisan. Gunakan gns3 1.3.11, asdm-647, asa 8.4.2, window 7 64bit, antivirus bitdefender, music on (jazz music, not dangdut), kopi moccacinno. wkwkw

#Sebelum langkah dibawah dilakukan maka pastikan interface loopback (CLOUD) sudah bisa ping dengan ASA.
masukan aktivasi key nya untuk buka feature vpn :
activation-key 0x4a3ec071 0x0d86fbf6 0x7cb1bc48 0x8b48b8b0 0xf317c0b5

pada saat setting ip pada interface, masukan juga identitas interfacenya, ini agar asa bisa mengetahui bahwa security level yang diberikan untuk interface ini brpa (default ketika diketik "nameif inside" berati sec-lev 100 dan "nameif outside/management/dmz/nama selain inside" berarti sec-level 0). untuk setting/custom sec-levelnya gunakan tambahan perintah "security-level [0-100]".
sebelum upload asdm ke flash asa, maka pastikan tftp server sudah started dan posisikan file asdm di folder (C:)-TFTP-Root (ini jika menggunakan solarwind tftp server, jika tftpd32 maka bisa langsung browse mencari letak asdmnya.)
setelah selesai pastikan di tftp server completed
dan pastikan juga di asa, asdmnya sudah terinstall  dengan melakukan verify, lalu aktifkan authentication http (masukan ip add int loopback, user+pass)
browse ke https://11.11.11.1 (sebelum browse pastikan semua komponen antivirus sudah disable, seperti di av bitdefender ada komponen antivirus, webprotection, firewall, vulnerability, instrusion detection,dll,.. jika hanya disable antivirus dan firewall maka tidak akan bisa akses address asdmnya, disable juga webprotection untuk membuka akses)
lalu klik "install ASDM Luncher and Run ASDM" (opsi ASDM terinstall di dekstop), jika tidak ingin diinstall maka pilih opsi "Run ASDM"(opsi lgsg keinterface GUI) dan "Run Startup Wizard" (opsi memunculkan wizard dulu untuk melakukan initial config), seperti ini
login dengan user dan pass yang di buat tadi
sebelum dilakukan install maka pada java harus dibuat exception site list dlu biar asdm ga di blok oleh java.. search dan klik "configure java" - pada tab security klik "edit site list".
ketika berhasil instal maka didesktop akan muncul shortcut asdm, klik 100x sampe laptop/pc agan hang. jika sudah hang maka hard shutdown. wkwkwk

Taraaa... dan inilah tampilan gui asa dengan asdm (si imut firewall yang bikin pusing, type terbaru asa 5505 inc firepower yang dinstall di esxi server).



Share:

0 komentar:

Post a Comment