Try to Share The Knowledge

Wednesday 9 December 2015

VTP (Vlan Trunking Protocol)



merupakan protocol yang memungkinkan kita konfigurasi vlan pada sebuah switch saja, sdgkan switch yang lainnya mengikuti. Dalam vtp,  switch mempunyai peran sebagai server, client dan transparent. Best practice vtp diterapkan pada jaringan yang memiliki jumlah switchnya lebih dari dua. Jika ada perubahan pada database vlan di server vtp, maka secara otomatis server akan men trigger update tsb ke client agar database vlannya sama.Vtp mendukung enkapsulasi ISL, 802.1q, IEEE 802.10 dan LANE. Manfaat vtp yaitu meningkatkan security (proses modifikasi database vlan hanya dapat dilakukan pada server) dan kemudahan administrasi vlan (proses konfigurasi cukup dilakukan pada sebuah switch saja yaitu server vtp).

Komponen penting yang wajib diperhatikan jika ingin membuat vtp :
1. Vtp Version (1, 2) : domain yang sama harus menggunakan versi vtp yang sama. Umumnya client mode tidak perlu dikonfig vtp version, cukup dilakukan di server, dan serverlah yang akan mengupdate informasi tersebut ke client secara otomatis.
2. Vtp Domain : nama domain harus sama antar mode vtp (bersifat Case Sensitive).
3. Vtp Mode : dafault semua switch catalyst yang support vtp  adalah mode server,  maka untuk menggunakan vtp harus ditetapkan apakah sebagai server, client, transparant.
4. Vtp Password : password server dan client yang satu domain harus sama, digunakan untuk otentikasi antara server ke client/transparent.
5. Buat Trunk link antar switch.

Oh ya tadi kan ada peran vtp, apa saja ya karakteristiknya ?
- Vtp Server : bisa melakukan create, modifies, delete vlan, forward vtp update dan memproses/sinkronisasi vtp update yang diterimanya kedalam vlan databasenya (jika ada server vtp lain), konfigurasi disimpan di NVRAM.
- Vtp Client : tidak bisa create, modifies, delete vlan, hanya memproses vtp update dan melakukan forward vtp update, konfigurasi tidak disimpan di NVRAM.
- Vtp Tranparent : tidak memproses vtp update dari server vtp kedalam database vlannya, bertugas hanya untuk melakukan forward, jika mode ini create, delete, modifies vlan maka hanya berlaku di switchnya saja tidak akan diadvertise keswitch lain, konfigurasi disimpan di NVRAM.

#LAB
Pada lab x ini mempunyai task : apa fungsi configuration revision ? gmn cara kerjanya si revision itu ? apa yang terjadi jika kita hanya membuat vtp server secara static disatu sisi, apakah bisa advertise ? coba semua mode dan noted perbedaannya? apakah pc didalam topologi diatas bisa saling ping divlan yang sama ? bagaimana jika ada 2 server dalam 1 domain ?

- Setting IP di PC

- Konfig di Switch1 (Server VTP)
tampilan vtp di switch 1 menggunakan comand "show vtp status". terlihat yang baru dikonfig (mode, domain name, version) dan perhatikan juga configuration revision. 
setelah itu buat trunking dikedua sisi switch1 dan 2 agar bisa dilakukan advertise, kemudian buat juga vlan disisi switch1 ..

#Inilah verifikasi vtp diswitch2 sebelum dikonfig vtp, terlihat switch2 hanya dapat advertise domain dari switch1 sdgkan vtp v2 mode tidak enable(tidak diadvertise), dan vlan yang dibuat diswitch 1 tidak bisa diadvertise juga keswitch2, perhatikan juga revision nya.. Dari sini sudah bisa diambil kesimpulan! bahwa jika kita hanya melakukan konfig vtp secara static disalah satu switch dan membuat trunk link dikedua sisi switch maka yg diadvertise hanya domainnya saja... Oh ya,,setelah ane coba melakukan kofigurasi (seperti delete,create atau modifies) vlan / konfig vtp di switch2/1, maka revisionnya akan nambah.. jadi dapat disimpulkan lagi bahwa configuration revision adalah jumlah konfig vtp/vlan yang kita lakukan pada switch.. Fungsi configuration revision apa ? jika kita tidak melakukan konfig vtp secara static, maka configuration revision yang paling tinggilah yang menjadi server vtp sementara (default semua switch kan menjadi server vtp).... klo salah analisis ini, mohon dikoreksi master ^^

- Konfig di Switch2 (Client VTP)

Kita tidak perlu buat vtp version lagi krna secara default, vtp server akan mengadvertisenya keswitch2, cukup buat mode, domain dan password yang sama.
Verifikasi (switch2 sudah dibuat trunk sblmnya, vtp version sudah mengikuti server (enable)).
Lah koq jumlah vlannya cuma 5 bukannya tadi udah buat "vlan 10" ya di switch1(server)? harusnya 6 donk (ini kan client, bukan transparent)??? solusinya: reload? tidak, solusinya buat vlan baru lagi diswitch1 dgn vlan 20 kemudian verifikasi vtp diserver(switch1) dan client(switch2)!? sudah sinkron kan.,, client melakukan sinkronisasi dgn server... itulah kelebihan vtp, konfig cukup dan hanya bisa dilakukan di server vtp (security), sdgkan client hanya menerima(mempermudah management)... beneran hanya bisa buat vlan di server vtp? Oke kita coba buat vlan diclient..? wah benerrrr hebat ya vtp.. (jadi kesimpulannya tidak ada cerita, client yang melakukan advertise vlan databasenya keserver/keswitch lainnya, toh dia tidak bisa membuat apa2, client hanya forwarding dan mengsinkronkan dgn database yang dia punya.. hhehe)




- Konfig di Switch3 (Transparent VTP)
apa fungsi transparent mode di vtp? hanya untuk forward vtp informasi  dari server ke switch lainnya, tidak melakukan advertise database vlan yang ia miliki keswitch lain (independent). Dipakenya saat kapan ?saat kita ingin buat topologi vtp tetapi didalamnya ada switch yang tidak ingin bergabung (independent)...  
Lakukan verifikasi.. terlihat bawah tidak ada sinkronisasi dgn server vtp (vlan tidak bertambah dan versi mode (disable)).
Apakah betul dia independent (tidak melakukan advertise database vlan?oke, kita coba buat vlan 26 dan lakukan verifikasi di switch 1,2,3,..gmn? terlihatkan bahwa vlan yang dibuat switch 3 hanya berlaku secara local dan tidak diadvertise ke switch1 dan 2...

- Konfig di Switch4 (Forwarding)
apa fungsi dibuat switch client dibawah switch tranparent? gue mau test apakah bener siswitch transparent melakukan forward vtp info dari server vtp?? setelah dibuat vtp mode client, domain dan password yg sama dgn server kemudian dibuat trunk link... Ternyata betul melakukan forward...
nah tadi testing forward yang dilakukan transparent ke client,, nah apakah client melakukan forward juga ke client dibawahnya ?iya mas, masih tidak percaya??? coba ja sendiri.. hhehe

- Pertanyaan
setelah ditentukan setiap mode vtp pada switch, dibuat trunk link antar switch dan access link ke end device, apakah bisa dilakukan ping dari PC1 ke PC3 dan PC2 ke PC4 ? buat access link dlu ya.

sekarang waktunya lakukan ping sesuai pertanyaan ,, apakah success? tidak, knpa (harusnya kan success)?
karena ada switch transparent mode ditengahnya.. emg knpa dgn switch tsb ? kembali kekonsep,,, transparent kan tidak sinkronisasikan vtp informasi dari server! yah jelas,, sudah dipastikan switch3 tidak punya vlan 10 dan 20 (#lihat pict verifikasi switch 3 sebelumnya).. jadi gmn solusinys? buat vlan secara manual.
lakukan ping lagi? success ....

- Case (2 Server dalam 1 Domain VTP)
konfig dan verifikasi,, dianggap semua switch sudah dikonfigurasi dgn bener. Disini hanya konfig switch baru saja (tanda panah).
mari kita buat SVI pada setiap switch untuk identitas switch. 
fungsinya buat apa? untuk  melihat "configuration last modified"? mengecek server vtp mana yang melakukan modifikasi terakhir di dalam domain vtp. Oke gue coba buat vlan 33 di switch1.
kemudian verifikasi... ? terlihat disetiap switch yang melakukan perubahan (create vlan/update) adalah ip 192.168.10.3 yaitu ip switch1 (server vtp 1).


#Kesimpulan :
- Semua mode vtp apapun yang berada dalam satu domain, akan memforward vtp update yang diterimanya ke switch lain.
- Didalam satu domain bisa dibuat banyak server vtp, dan revision number yang terkecillah yang akan terupdate (tertinggi jadi server sementara), jika menggunakan topologi yg memiliki 2 server dalam 1 domain, sebaiknya buat identitas setiap switch dgn membuat SVI untuk mengetahui siapa yang terakhir melakukan update vtp informasi.
-  Switch dengan vtp mode transparant sebaiknya posisikan di ujung dan jgn ditempatkan ditengah topologi, karena akan mengganggu vtp update dalam domain vtp tsb.

Share:

1 comment: