Try to Share The Knowledge

Sunday 13 December 2015

Redistribute Routing Protocol - Part 1



Redistribute Routing protocol itu apa??? cara untuk meredistribusikan kembali routing tabel yang dibentuk oleh suatu routing protocol untuk diteruskan kerouting protocol lain.. Redistribute terdiri dari redistribute eigrp, ospf, rip, connected dan static.. Pada artikel x ini hanya membahas redistribute eigrp, ospf, rip. Sedangkan untuk connected dan static akan gue coba bahas di Part-2.

Sekilas tentang command redistribute..
- Redistribute ospf cukup pake "subnets".
- Redistribute rip pake "metric 1" (ini merupakan pengaturan metric hopcount rip, kita pake default 1 ja, jika tidak diset nilai metricnya maka berstatus infinity dan redistribute akan gagal).
- Redistribute eigrp pake "metric 1 1 1 1 1" (bandwidth, delay, reliability, load, MTU... kita pake default 1  ja, jika tidak diset ? maka berstatus infinity dan redistribute akan gagal).

Lihat Pict berikut mas bro sebagai panduan.


#LAB

Sebelum melakukan redistribute untuk semua network diprotocol routing yang berbeda, maka gue mau coba test redistribute antar rip dan ospf dlu..
- Konfig di R2
- Konfig di R3
- Konfig di R1
Untuk melihat protocol routing apa saja yang berjalan di R1, verifikasi dgn "Show IP Protocol".. terlihat ada 2 procotocol routing yaitu RIP dan OSPF dan network yang terlibat disetiap routing.
Pastikan semua network di sisi routing rip dan eigrp sudah masuk tabel routing R1 ya.
- Konfig Redistribute di R1
Pertama2,  Redistribute dlu ospf ke rip di R1.
dikarenakan hanya melakukan redistribute router ospf maka cek routing table di R3... Wah ternyata berhasil mas bro, semua network disisi routing rip masuk ke routing table ospf... 
tapi gmn ya, isi routing table R2, apakah semua network disisi  ospf akan terinjeksi juga ke rip, dalam hal ini R2.? tidak... harus dilakukan redistribute rip juga.
Nah waktunya melakukan redistribute rip ke ospf di R1... 
skrg cek routing table di R2 yang bertindak sebagai router rip!? berhasil, terlihat semua network di sisi routing ospf telah terinjeksi di routing rip (R2) dan terlihat juga metric nya "1" hasil konfig an di redistribute tadi ("redistribute ospf 26 metric 1").
Yu mari, kita test ping dari R2 ke network loopback R3!? berhasil berarti sudah oke.
#Kesimpulan : Lakukan redistribute di dua arah dan konfigurasi redistribute tsb di router yang menjadi perantara dari protocol routing yang berbeda.

Tadi redistribute antara RIP dan OSPF, nah skrg waktunya redistribute EIGRP ke RIP dan OSPF.
- Konfig di R4
- Konfig di R1
pastikan routing table di R1, seperti ini.
sekarang waktunya redistribute eigrp ke rip dan ospf di R1..
cek routing table di R4... ! Oke sudah ada semua network routing rip dan ospf, berarti sudah berhasil toh ? test ping dlu mas...
kita test ping dari R4 ke network loopback R2.
Walah koq ga berhasil ya ? packet ping bisa melakukan pengiriman ke network tsb tapi tidak bisa mengembalikan packetnya, dikrna kan belum dibuat redistribute rip ke eigrp.. Oke cukup testingnya, skrg konfig full biar bisa saling ping antar network dgn routing protocol yg berbeda...
Redistribute rip ke eigrp dan ospf ke eigrp di R1.
cek routing table di R2 dan R3, apakah sama dengan routing table di R4 (ada 6 network)? sama mas...


Apakah skrg sudah bisa saling ping di protocol yg berbeda ? yu mari test ping dari R4 ke network loopback R2 dan R3... wah bisa mas broo,, iya berarti sudah beres mas ... 

Share:

0 komentar:

Post a Comment