Try to Share The Knowledge

Tuesday 22 December 2015

Konfigurasi VPN IPSec Over Gre Site to Site di Router Cisco



Tujuan dibuat ipsec encryption over gre, tidak lain hanya untuk memproteksi gre tunnel agar lebih secure.. Langkah2 pembuatannya adalah pertama konfigurasi ISAKMP (ISAKMP phase 1) kemudian konfigurasi IPSec. Tujuan konfigurasi ISAKMP phase 1 untuk membangun SAs (Security Association) untuk IPSec, sebelum SAs terbentuk maka ISAKMP phase 1 akan melakukan negotiate dengan router lawannya... Dalam melakukan konfigurasi IPSec ada beberapa langkah yang harus dibuat, yaitu membuat ACL extended, IPSec Transform, Crypto map, mendaftarkan Crypto map ke interface wan+int GRE tunnel.

- Konfigurasi di R1 (untuk penjelasan setiap command, ada di pict)
jangan lupa dibuat routing staticnya ya, baris routing pertama itu untuk Lan agar dapat akses inet, sdgkan baris kedua itu untuk meroutingkan site to site.
yu mari kita coba lihat verifikasi vpn nya, agar kita tau perbedaan verifikasi sebelum dan sesudah terbentuk vpn IPSec over GRE.

- Konfigurasi di R2
jangan lupa dibuat routing static untuk R2 juga.

- Verifikasi di Router dan PC

- Untuk melakukan Monitoring vpn dapat dilakukan dengan command "show crypto isakmp sa" dan "show crypto ipsec sa". Silahkan cek perbedaan sebelum dan sesudah vpn IPSec over GRE terbentuk.






Share:

0 komentar:

Post a Comment