Try to Share The Knowledge

Wednesday 14 October 2015

Port Security Basic


Port security  digunakan untuk keamanan port switch. Adapun cara melakukan pengamanannya adalah dengan mendaftarkan mac-address device yang diijinkan untuk akses port tersebut.

Berikut default port-security sebelum dilakukan pengaktifan 
 OKE, mari kita aktifikan terlebih dahulu port-security nya dengan command 
kenapa command direject? karena jika tidak ditentukan dulu mode portnya maka secara default DTP (dinamic trunking protocol) aktif. Sedangkan pada port security, mode port harus ditentukan secara static (trunk / access) agar command port-security dapat dilakukan. Untuk pengecekan status mode dapat dilakukan dengan command "show interface fa0/2 switchport"
Masukan command port-security untuk Router dan PC yang mempunyai IP 12.12.12.11 

Verifikasi-1 (terlihat maksimum mac-address yang dapat ditampung ada 2, total mac-address yang sudah dibuat / direcord ada 2 yang terdiri dari mac-address static: 1 dan sticky : 1)
Verifikasi-2 (terlihat bahwa jika kita meggunakan mac-address sticky maka secara otomatis device yang terpasang diport fa0/1 akan direcord sementara hingga switch reload, jika ingin tersimpan permanen maka dapat disimpan di start-up config menggunakan command "write memory" atau "copy run start")

Ketika PC yang tidak terdaftar dengan ip 12.12.12.10 mac-address 0040.0BB5.D743 dipasang diport fa0/1 maka akan ada notifikasi di switch bahwa link shutdown (karena tidak di definisikan violation modenya, maka secara otomatis menggunakan violation mode shutdown) dan jika dilakukan verifikasi port security maka dapat dilihat port status : secure-shutdown (artinya port sudah dishutdown karena terjadi pelanggaran). Pada parameter security violation count akan selalu dihitung 1 walau packet ping yang timed out sudah banyak dikirimkan (beda dengan mode Restrict, setiap pengiriman packet ping akan dihitung).
 Sedangkan pada verifikasi link, dapat dilihat status err-disabled (errors disabled) yang artinya ketika mac-address yang akses berbeda dengan yang terdaftar maka disebut errors lalu akan diterapkan "violation mode : shutdown" yang disebut dengan disable

ketika dilakukan pemindahan lagi ke pc yang mac-addressnya terdaftar, maka link akan tetap down, solusinya adalah dengan cara masuk ke "interface fa0/2" kemudian "shutdown" lalu "no shutdown" maka link akan up kembali.


Percobaan Mode Violation
#disini hanya dilakukan percobaan mode violation restrict dan protect, untuk mode shutdown sudah dilakukan pada lab sebelumnya.

Mode Restrict
Verifikasi Link (terlihat link tetap UP  dan Connected)
Verifikasi setelah dilakukan ping dari PC ke Router (belum terjadi pelanggaran)
Verifikasi setelah ada pelanggaran (terlihat bahwa ada penghitungan jumlah pengiriman packet ping yang timed out dari pc yang tidak terdaftar ke Router)

Mode Protect
Verifikasi Link (terlihat UP dan Connected sama dengan mode Restrict) 
Verifikasi setelah dilakukan ping dari PC ke Router (belum terjadi pelanggaran)
Verifikasi setelah ada pelanggaran (terlihat bahwa tidak ada penghitungan jumlah pengiriman packet ping yang timed out dari pc yang tidak terdaftar ke Router)

#Kesimpulan :
 1.   Dalam  melakukan verifikasi port-security, umumnya parameter yang perlu dilihat yaitu :            
                Ø  Port Security : [Enable / Disable] --> sudah aktif / belum
                Ø  Port Status :
a.     [Secure UP] : aktif, tidak melanggar (berlaku dimode Shutdown) / aktif, melanggar/tidak melanggar (berlaku dimode Restrict & Protect)
b.     [Secure Down] : menandakan bahwa port security belum diaktifkan. 
c.      [Secure Shutdown] : aktif dan ada pelanggaran (mode Shutdown)
                Ø  Violation Mode :
a.      [Protect] : jika terjadi pelanggaran port akan tetap nyala, tidak ada pesan notifikasi yang di kirim (dilihat dari Security Violation Count).
b.     [Restrict] : hampir sama dengan protect, namun  ada pengiriman notifikasi terhadap jumlah packet ping yang dilakukan (dapat dilihat Security Violation Count).
c.      [Shutdown] : jika terjadi pelanggaran port akan di shutdown dan akan dikirim notifikasi terhadap jumlah packet ping yang selalu 1 (dapat dilihat Security Violation Count).
2.   Default Parameter Port-Security :
            Max mac-address : 1, Violation mode : shutdown, Port-security : disabled




Share:

0 komentar:

Post a Comment